Kapan Gigi Susu Harus Dicabut?

 

Seorang ibu bersama anaknya datang ke praktek saya. Beliau bilang “dok, gigi susu anak saya udah jelek. Cabut aja dok, biar tumbuh gigi yang baru dan bagus”. Tidak semudah itu, gigi dewasa tumbuh sesuai pertumbuhan si anak bukan untuk mengganti gigi yang rusak.

Tidak seperti rambut dan kuku yang bisa tumbuh terus, gigi susu hanya akan tergantikan satu kali saja. Dan setiap gigi memiliki waktu sendiri2 untuk tumbuh. Biasanya gigi susu yang pertama kali ganti adalah gigi depan bawah pada umur sekitar 6 tahun. Dan pergantian gigi-gigi ni akan bergiliran terus ke belakang sampai umur 10 tahun.
Lain waktu, ada pasien anak-anak dengan susunan gigi yang berantakan. Setelah saya periksa ternyata gigi-giginya saling menumpuk antara gigi susu dan gigi dewasa. Artinya, gigi dewasanya sudah tumbuh tapi gigi susunya belum tanggal. Sehingga gigi dewasanya tidak mendapat tempat dan tumbuh miring.
Jadi, kapan waktu yang tepat untuk cabut gigi susu?
Secara normal, gigi susu tidak perlu dicabut. Lho, kok..? Iya, dalam prosesnya, gigi dewasa akan memakan (resorbsi) akar gigi susu. Makin lama akarnya makin habis dan gigi susu itupun akan goyang dan terlepas sendiri.

image

Tetapi ada beberapa kasus dimana benih gigi dewasa tidak memakan akar gigi susu. Akibatnya gigi susu tidak tanggal dan gigi dewasa tidak tumbuh di tempat gigi susu yang seharusnya digantikannya. Menumpuk, miring dan berdesakan. Nah, kondisi inilah baru dokter gigi mengambil tindakan. Yaitu dengan mencabut gigi susunya.

image

Kembali pada kasus pasien anak-anak yang gigi susunya rusak tadi. Apa jadinya kalau gigi susu itu dicabut padahal waktu pergantian gigi dewasanya masih lama? Maka ruang kosong bekas gigi susu itu akan menyempit karena pergeseran gigi-gigi sebelahnya. Akibatnya gigi dewasa yang akan tumbuh tidak mendapat cukup tempat. Akhirnya juga akan menumpuk, miring atau berjejal.
Sekarang anda sudah paham kan, apakah gigi susu itu perlu dicabut? Dan kapan waktu yang tepat untuk pencabutan gigi susu? Kalau masih belum jelas, silahkan kirimkan email pertanyaan kepada saya atau kunjungi dokter gigi anda.

2 tanggapan untuk “Kapan Gigi Susu Harus Dicabut?”

  1. Dokter. Anak saya gigi dewasanya sudah tumbuh dibelakang gigi susunya. Sementara anak sy sampai hari ini dia masih takut untuk dicabut gigi susunya tersebut. Pertanyaannya apakah hal ini akan menyebabkan gigi dewasanya akan tumbuh miring ke bagian dalam rongga mulutnya hingga ia dewasa? Terima kasih.

    Suka

    1. Ya, betul. Jika gigi susu tidak tanggal atau dicabut maka akan menghalangi pertumbuhan gigi dewasa. Sehingga gigi dewasa penggantinya akan miring atau tidak tumbuh sempurna. Jika anak-anak takut cabut gigi, perlu peran orang tua yang cukup besar. Beri pengertian yang baik. Jangan malah ditakut-takuti. Untuk awalnya ajak saja ke dokter gigi hanya untuk pengenalan. Dengan dokternya. Dengan tempatnya. Juga dengan alat-alatnya. Harapannya jika anak-anak sudah tidak asing lagi dengan dokter gigi maka akan lebih mudah membujuknya untuk ke tahap selanjutnya. Yaitu pencabutan gigi susunya.

      Suka

Tinggalkan komentar