Tambalan Sinar

 

Bahan untuk penambalan gigi ada bermacam-macam. Ada tambalan logam, tambalan resin, tambalan porcelain dan banyak lagi. Dengan fungsi yang berbeda-beda. Masing-masing juga ada kelebihan dan kekurangannya.

Tapi dewasa ini yang paling sering digunakan adalah tambalan sinar atau banyak orang menyebutnya tambalan laser. Dari namanya, memang dalam proses pengerjaannya, dibutuhkan sinar untuk mengeraskan bahan tambalannya. Tapi yang digunakan adalah sinar UV bukan sinar laser.

cekgigi

Bahan tambalannya sendiri adalah resin komposit. Suatu bahan yang mudah diaplikasikan mengikuti bentuk lubang gigi. Dan yang paling disukai adalah pilihan warnanya yang sangat mirip dengan gigi asli. Banyak dipilih untuk menambal gigi depan yang perlu estetika.

index

Tapi sekarang banyak juga dipilih untuk menambal gigi belakang karena ada jenis resin komposit yang cukup kuat untuk menerima beban kunyah. Memang kekuatannya masih kalah dengan tambalan berbahan logam tapi tidak memiliki efek samping seperti tambalan logam. Karena mengandung merkuri, tambalan logam sekarang mulai ditinggalkan.

 

Tinggalkan komentar