Akibat Kehilangan Gigi

Di jaman yang sudah maju ini dan teknik kedokteran gigi pun sudah cukup maju, saya masih sering menemui pasien yang menjadikan cabut gigi adalah pilihan pertama perawatan gigi. Apalagi kalau si pasien pernah mengalami sakit gigi hebat di gigi belakangnya. Pasti permintaannya ‘Cabut aja dok, ga apa-apa ompong, kalau gigi belakang kan ga kelihatan’.

img_0423_engela

Memang ompong di gigi belakang tidak akan nampak oleh orang lain. Apalagi kalau cuma satu gigi ompong juga tidak akan bikin pipi kempot. Tapi apakah tidak ada efek lainnya? Ya tentu ada. Banyak. Salah satu efeknya adalah berubahnya susunan gigi yang lain.

moving-teeth

Coba anda lihat gambar diatas. Inilah yang terjadi setelah kehilangan salah satu gigi geraham. Gigi-gigi disekitarnya akan bergerak mengisi ruang kosong yang ditinggalkan gigi geraham yang dicabut. Gigi atas semakin lama akan turun memanjang ke bawah karena tidak ada lagi lawannya untuk menahan gaya kunyah dan gaya gravitasi. Gigi-gigi samping pun bergerak mengisi ruang kosong tersebut. Lalu apa akibatnya lebih jauh?

hqdefault

Jika dibiarkan, semakin lama gigi atas akan semakin turun dan hanya menyisakan sedikit akar yang tertanam di gusi. Gejala awal adalah gigi yang turun ini akan terasa sangat ngilu saat minum dingin. Lama-kelamaan gigi juga akan goyang. Perawatannya adalah dengan pemasangan kawat gigi untuk mengembalikan posisi gigi tersebut. Tapi kalau tidak memungkinkan, gigi tersebut harus dicabut.

doyong

Pergerakan gigi-gigi samping yang mengarah ke ruang kosong bekas cabut gigi pun membawa efek buruk. Gigi-gigi itu bergerak dengan rapi, tapi agak miring. Hal ini juga akan berpengaruh pada kekuatan kunyah gigi tersebut. Dan jika dibiarkan terlalu lama, gigi-gigi samping yang lain pun terus bergerak ke arah ruang kosong, yang otomatis akan meninggalkan sela-sela kecil di antara gigi depan. Akibatnya gigi akan terlihat jarang dan sering menyelip sisa makanan.

Jika itu semua sudah terjadi, maka perawatan idealnya adalah pemasangan kawat gigi. Itupun jika masih memungkinkan. Biayanya juga besar. Tapi sebelum semua terjadi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter gigi anda untuk memasang gigi palsu pengganti gigi yang dicabut. Gigi palsu akan mencegah semua akibat tersebut diatas. Tapi yang lebih baik lagi, jangan sampai kehilangan gigi. Rawat baik-baik yaa..

Apabila anda memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih..

 

Tinggalkan komentar