Gigi Palsu pun Butuh Perawatan

 

Semua benda pasti butuh perawatan, termasuk gigi palsu. Gigi asli saja juga butuh perawatan kan..

Untuk gigi palsu permanen memang sangat mudah perawatannya. Tinggal disikat rutin bersama gigi asli sudah cukup. Namun berbeda halnya dengan gigi palsu lepasan.

Gigi palsu lepasan membutuhkan perawatan khusus. Tidak susah kok, tapi kalau diabaikan akan ada efek merugikannya. Misalnya gigi palsu akan bernoda dan bau. Lebih parah lagi dapat mengakibatkan rusaknya gigi asli yang lain atau timbulnya karang gigi.

Tetapi apabila anda dapat dengan rajin merawat gigi palsu anda maka gigi palsu akan selalu bersih dan awet. Gigi asli pun tidak akan timbul masalah.

Perawatan gigi palsu cukup mudah. Diantaranya adalah:

  1. Bilaslah gigi palsu anda dengan air mengalir setiap kali anda selesai makan. Agar sisa makanan tidak menempel di sela-sela gigi palsu.
  2. Sikatlah juga gigi palsu anda setiap kali anda gosok gigi. Bahan gigi palsu merupakan bahan yang berpori kecil-kecil yang bisa jadi tempat menempelnya sisa makanan dan bakteri. Jangan gunakan pasta gigi, cukup dengan sabun cair. Pasta gigi dapat mengikis gigi palsu. Gunakan sikat yang lunak, lebih baik lagi jika menggunakan sikat khusus gigi palsu.
  3. Yang terakhir dan yang paling penting adalah rendamlah gigi palsu anda setiap malam. Setelah gosok gigi malam sebelum tidur, sikat juga gigi palsu anda dan rendamlah di air, jangan dipakai selama tidur malam. Air biasa saja, jangan air panas atau hangat. Gigi palsu yang kering justru jadi tempat berkembangnya bakteri. Jika gigi palsu dibawa tidur, bakteri bahkan lebih cepat berkembang.

Memang gigi palsu lepasan tidak akan bisa bertahan seumur hidup, tapi jika anda rajin merawatnya akan membuat gigi palsu anda lebih awet dan tidak menimbulkan masalah lain pada gigi asli. Apabila ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar dibawah.

2 tanggapan untuk “Gigi Palsu pun Butuh Perawatan”

    1. Gigi palsu memang lebih baik jika direndam dengan obat pembersih gigi palsu. Disarankan untuk merendamnya 1 kali atau 2 kali dalam seminggu. Selebihnya cukup direndam air bersih setiap tidur malam setelah gosok gigi.

      Suka

Tinggalkan komentar