Abrasi Gigi

 

Gigi anda ngilu saat minum minuman dingin? atau saat makan makanan manis? Sebenarnya banyak penyebab yang menimbulkan gejala gigi ngilu. Tapi penyebab terbanyak adalah permukaan akar gigi yang terbuka.

Apa yang menyebabkan akar gigi bisa terbuka? Padahal kan akar gigi harusnya terlindung gusi. Salah satunya adalah kesalahan kita sendiri saat menggosok gigi. Ya, gosok gigi yang tidak benar justru bisa menimbulkan masalah.

Banyak dari kita kurang sadar bahwa gosok gigi pun perlu cara yang benar. Biasanya kita akan menggosok gigi dengan arah kiri-kanan untuk gigi depan dan arah depan-belakang untuk gigi belakang. Dan disitulah letak kesalahannya. Memang gigi kita tersusun berderet horisontal dari kiri ke kanan. Tapi bukan berarti kita menggosoknya dengan arah mendatar mengikuti susunan gigi.

lesions-6

Kalau cara gosok gigi seperti itu yang biasa anda lakukan selama bertahun-tahun umur anda, maka akibatnya adalah seperti itu. Gigi rusak bukan karena karies. Leher-leher gigi akan terkikis. Gusi akan turun batasnya, dan permukaan akar gigi akan terbuka. Ngilu yang kuat pasti anda rasakan saat minum minuman dingin. Apabila gejala ngilu itu sudah anda sadari biasanya kerusakan yang terjadi sudah cukup parah.

Abrasi gigi banyak ditemukan terjadi di gigi-gigi samping. Bisa juga terjadi sampai gigi belakang. Tapi jarang terjadi di gigi depan. Bila sampai ditemukan di gigi depan, biasanya gigi samping sudah sangat parah kerusakannya. Apalagi bila anda menggosok gigi dengan kuat, semangat 45. Akan makin mempercepat kerusakan di leher gigi itu.

Lalu bagaimana mengatasinya? Yang pertama adalah hilangkan dulu kebiasaan cara menggosok gigi yang kurang benar itu. Lalu gigi yang terkikis itu bisa ditambal untuk menutupi permukaan akar gigi yang terbuka agar hilang gejala ngilunya. Atau bisa juga dengan perawatan gusi yang turun itu bila masih memungkinkan.

Untuk lebih detailnya, cara menggosok gigi yang benar dan juga cara penanganan gigi abrasi akan kita bahas di artikel tersendiri. Apabila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tinggalkan komentar