Bakti Sosial PDGI di Tanjung Uma

Sudah lama rasanya saya tidak ada kegiatan bakti sosial. Baik itu yang diadakan oleh penyelenggara lain ataupun yang saya adakan sendiri. Maklum, sudah masuk musim hujan. Kegiatan di luar ruangan akan sangat terbatas.

Tetapi beruntung sekali, PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) memiliki program nasional di bulan November ini, yaitu BKGN (Bulan Kesehatan Gigi Nasional). Biasanya PDGI akan mengadakan bakti sosial serentak di semua cabang di Indonesia. Tak terkecuali di Batam.

PDGI Batam mengambil bagian juga dalam kegiatan ini. Bekerja sama dengan SDN 003 Tanjung Uma, diselenggarakanlah bakti sosial untuk seluruh murid sekolah tersebut. Saya pun tak mau ketinggalan untuk ikut berperan disitu.

Pada tanggal 5 November 2016 kemarin, sejak pagi hari sekitar 40 dokter gigi sudah tiba di lokasi. Diiringi hujan dari subuh. Setelah ramah tamah dan koordinasi dengan majelis guru, kami berpencar ke setiap kelas. Mulai kelas 1 sampai kelas 6.

Karena hujan tak kunjung berhenti maka semua kegiatan akan dilakukan di dalam kelas. Mulai dari penyuluhan kesehatan gigi, peragaan cara menyikat gigi sampai pemeriksaan setiap murid. Salah satu kegiatan yang selalu kami lakukan adalah sikat gigi bersama seluruh murid. Namun karena cuaca tidak memungkinkan maka sikat gigi bersama ditiadakan.

Meskipun begitu, tidak mengurangi semangat para dokter gigi ini untuk melayani. Dan juga antusiasme dari murid-murid yang sangat kooperatif saat pemeriksaan gigi. Sambutan dari majelis guru pun tidak kalah meriahnya. Biarpun hari hujan dari pagi tetapi suasana tetap hangat.

Dalam kesempatan bakti sosial kali ini, kami mendapat bantuan dari sponsor berupa sikat gigi dan pasta gigi sejumlah seluruh murid di SDN 003 Tanjung Uma ini. Jadi kami bisa memberikan sesuatu yang bisa mereka bawa pulang selain ilmu dari penyuluhan kesehatan gigi. Sebenarnya sikat gigi dan pasta gigi itu sedianya akan digunakan langsung pada acara sikat gigi bersama. Tapi apa daya, cuaca tetap hujan sampai siang. Dan sikat gigi bersama dengan terpaksa dibatalkan.

Setelah semua kegiatan di seluruh kelas usai, kami pun berkumpul kembali di ruang guru dan berpamitan. Sungguh hangat suasananya mengalahkan dinginnya hujan diluar.

IMG_9776IMG_9759IMG_9780IMG_9766IMG_9771IMG_9798IMG_9768

Tinggalkan komentar